Efek Samping Menggunakan Softlens

Bagi kita yang baru menggunaka softlense / lensa kontak mugkin akan merasa tidak nyaman, hal ini wajar saja sebab ada benda asing baru menempel di bola mata, sesuatu yang baru pasti akan butuh penyesuaian begitu juga dengan penggunaan softlens. Secara umum masa adaptasi mata terhadap penggunaan softlense sekitar 1 mingguan. Setelah pemakaian rutin selama seminggu kita akan terbiasa akan kehadiran lensa kontak di permukaan bola mata.

Apakah ada efek samping dalam menggunakan softlens? Sebenarnya baik softlens maupun kaca mata tetap memiliki efek samping terhadap kesehatan mata. Namun bila kita menggunakan soflense dengan benar secara umum efek samping tersebut bisa dihilangkan. Pemakaian softlens cenderung bukan efek samping melainkan resiko, maksudnya disini dibutuhkan kehati-hatian dalam menggunakan lensa kontak terkait berbagai hal, seperti; waktu pemakaian, jenis pekerjaan yang cocok dan lain-lain.

Jangan gunakan softlense saat berenang, perlu kita ketahui bahwa softlense memiliki batas adhesi atau perbedaan tekanan jenis air. So jangan sok gaya di kolam renang ya, lagipula pemakaian kontak lens bukanlah untuk menunjang gaya dan penampilan, tapi lebih karena alasan tuntutan pekerjaan dan aktivitas, contohnya; saat berolah raga akan lebih nyaman menggunakan softlense daripada kacamata, sedangkan orang yang bekerja di daerah banyak debu tentu sangat beresiko bila menggunakan softlens sebagai alat bantu penglihatan.

Jangan pakai softlens saat tidur, sangat penting diingat bahwa softlens. Gunakan softlens saat beraktivitas saja. Pemakaian softlense dalam waktu lama dapat menyebabkan kekurangan oksigen pada mata. Hal tersebut dapat menyebabkan bengkak pada kornea mata. Lagi pula apalah gunanya alat bantu peglihatan di saat tidur?

Sangat penting memperhatikan kebersihan softlens sebelum dan sesudah pemakaian. Debu atau material kecil yang menempel di permukaan softlens dapat menyebabkan iritasi pada mata. Iritasi bisa dikategorikan sebagai awal dari penyakit mata berat. Iritasi akan menyebabkan infeksi, bila hal ini terjadi dapat membahayakan penglihatan. Oleh karena itu selalu bersihkan softlens dengan baik dan benar, baik sebelum maupun sesudah pemakaian, silahkan baca juga cara merawat softlens yang baik dan benar.

Kadang pemakaian softlens bisa mengakibatkan mata merah, biasanya hal ini terjadi pada pengguna softlens pemula. Penyebab utamanya adalah karena pemasangan softlens telalu ketat, dan bisa juga karena telalu longgar. Untuk itu perlu ketelitiand alam memakai softlens, bila terasa tidak nyaman maka segera dilepas saja.  Ada juga orang yang alergi terhadap bahan pembuat softlens, biasanya akan timbul gatal pada mata orang yang mengidap alergi, efek samping seperti ini sebenarnya tidak bisa dikategorikan sebagai efek samping umum.

jual softlens di yogyakarta nomor telepon
Iulah sedikit bahasan tentang efek samping penggunaan softlens, informasi atau pengalaman pribadi silahkan berbagi di kometar halaman ini, semoga memberi faedah bagi kita semua. baca juga tips memilih softlens yang aman.

Comments